uhuy

Wednesday 11 June 2014

Drinkable Book, Buku Sekaligus Saringan Air Bersih

Drinkable Book
Organisasi amalWATERisLIFE menciptakan sebuah inovasi baru berupa buku yang bernama Drinkable Book. Tak hanya memberikan informasi penting kepada para pembacanya, namun setiap lembar buku ini bisa digunakan untuk menyaring air kotor menjadi air siap minum.

Untuk mengedukasi orang tentang perlunya menyaring air sekaligus menyediakan alatnya, WATERisLIFE bekerja sama dengan para ilmuwan dari Universitas Carnegie Mellon dan Universitas Virginia untuk mengembangkan Drinkable Book.

Dengan biaya produksi relatif murah, buku inovatif ini dapat memberi informasi mengenai kebersihan air seperti menjaga sampah dan kotoran jauh dari sumber air.
Sebagai fungsi utamanya, buku ini juga dapat digunakan sebagai penyaring yang mampu membunuh bakteri penyakit mematikan seperti kolera, e-coli, dan tipus.

Sekedar informasi, saat ini terdapat 3,4 juta orang meninggal tiap tahunnya karena penyakit yang berhubungan dengan air di seluruh dunia.

Cara kerja Drinkable Book mirip dengan penyaring kopi berteknologi tinggi. Setiap lembar buku mengandung ion perak yang menyerap bakteri berbahaya tumbuh dalam air.
Saat air dituang melewati potongan lembaran buku, lebih dari 99% bakteri berbahaya akan mati. Hasilnya serupa dengan kualitas air keran siap minum yang ada di AS.

Tiap lembar buku dapat menyaring hingga 100 liter air atau sebanding dengan pasokan air minum bersih untuk 30 hari. Sedangkan penggunaan satu bukunya sendiri dapat memurnikan air sampai empat tahun.
Hal ini membuat Drinkable Book bisa menjadi alternatif murah bagi masyarakat di negara berkembang yang memiliki sangat sedikit akses air bersih.

Mengutip CNET, Drinkable Book terdiri dari sebuah kotak dan buku itu sendiri. Kotak ini berguna sebagai wadah untuk menaruh lembaran filter sekaligus berfungsi sebagai tempat menampung air bersih yang dihasilkan.

Buku inovatif ini akan dibagikan secara gratis kepada mereka yang membutuhkan air bersih. WATERisLIFE menargetkan Drinkable Book sudah dapat dirilis pada 2015 mendatang
sumber: 

Drinkable Book, Buku Sekaligus Saringan Air Bersih - INILAH.com

No comments:

Post a Comment