Wednesday, 28 May 2014

Jangan Gunakan Informasi Kesehatan dari Wikipedia via INILAH.com

Informasi Kesehatan Wikipedia Salah
Informasi Kesehatan Wikipedia Salah


Anda pengguna Wikipedia? Jika ya, hati-hati karena sembilan dari sepuluh entri kesehatan di ensiklopedia online ini mengandung kesalahan.

Kesimpulan ini muncul setelah sejumlah ilmuwan AS membandingkan entri kesehatan di ensiklopedia cetak -- misal soal penyakit jantung, kanker paru-paru, depresi, dan diabetes -- dengan yang ada di Wikpedia. Hasilnya, keterangan di Wikipedia banyak salahnya.

Wikimedia UK, ensiklopedia di Inggris, mengatakan orang-orang yang memiliki masalah dengan kesehatan sebaiknya menghubungi dokter ketimbang mencari informasi di Wikipedia.

Ensiklopedia online adalah situs amal, dengan 30 juta artikel dalam 285 bahasa. Siapa pun dapat mengedit. Namun banyak relawan dari profesi medis memeriksa halaman, dan menemukan ketidak-akuratan.

Journal of Osteopathic Association menulis sebagai akses terbuka, Wikipedia menimbulkan kekhawatiran di kalangan dokter. Terutama tentang keandalan informasi yang disajikan. Terlebih 70 persen mahasiswa kedokteran menggunakan Wikipedia sebagai gudang informasi.

Sepuluh peneliti di AS melihat artikel kesehatan tentang osteoarthritis dan asma. Mereka mencetaknya pada 25 April 2012, dan menganalisis isinya. Ternyata, 90 persen artikel itu memuat pernyataan yang bertentangan dengan penelitian medis terbaru.

Dr Robert Hasty, dari Wallace School of Osteopathic Medicine di North Carolina, mengatakan Wikipedia mungkin perangkat yang nyaman untuk penelitian. Namun, dari sudut pandang pasien dan masyarakat umum, jangan pernah menggunakan informasi tentang penyakit dari Wikipedia karena tidak ditulis seperti yang tertera di jurnal medis.

"Sumber terbaik tentang kesehatan adalah dokter, bukan Wikipedia," ujar Dr Hasty.







Tulisan Asli >> Jangan Gunakan Informasi Kesehatan dari Wikipedia - INILAH.com

No comments:

Post a Comment